Kamis, 29 Maret 2012

“Perancangan dan Pembuatan Pengendali Robot Pendeteksi Logam secara Wireless Berbasis PC dengan Visual Basic”


ABSTRAK

Ada berbagai jenis pekerjaan atau keadaan yang mungkin terjadi atau harus dihadapi, yang apabila dilakukan oleh manusia akan sangat berbahaya dan beresiko sangat tinggi, bahkan yang lebih ekstrim lagi dapat mengakibatkan kematian. Sebagai contoh yaitu tugas mencari bom atau bahan peledak yang pada umumnya unsur pembuatnya terdiri atas logam berat. Untuk itu Penulis merancang suatu alat yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut, yang diberi judul Perancangan dan Pembuatan Pengendali Robot Pendeteksi Logam secara Wireless Berbasis PC dengan Visual Basic”. Alat ini adalah salah satu contoh penerapan sistem elektronika yang dapat membantu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan pada daerah yang beresiko tinggi/berbahaya.
Dalam pengoperasiannya alat ini akan bergerak menuju tempat yang berbahaya dengan dikendalikan melalui sebuah komputer yang dapat berkomunikasi dengan robot secara wireless. Dengan hanya mengklik mouse pada layar komputer sesuai menu arah gerakan yang tersedia, operator dapat mengendalikan arah dan gerakan robot tersebut.



BAB 1
PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang
Meningkatnya tindakan terorisme di berbagai Negara di dunia pada akhir-akhir ini menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan bahkan lebih dari itu, terjadi korban nyawa manusia yang tidak sedikit serta berbagai kerugian material lainnya. Disamping itu, untuk mencegah terjadinya faktor human error, serta membantu dan mengatasi kekurangtajaman alat penginderaan manusia, maka dilakukan berbagai upaya untuk sedapat mungkin mencegah atau mengatasi timbulnya korban. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menciptakan alat yang dapat menggantikan tugas manusia pada daerah-daerah yang berbahaya. Adapun tempat-tempat yang digolongkan berbahaya tersebut antara lain adalah daerah ranjau atau bom, daerah yang beradiasi tinggi, daerah yang bertemperatur sangat tinggi yang bisa membahayakan keselamatan manusia, dan lain-lain. Disamping itu, untuk menjangkau ruang-ruang yang sulit dijangkau oleh manusia karena ukurannya juga diperlukan alat bantu yang dapat menggantikan tugas manusia.
Berkaitan dengan itu, maka Penulis mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama dalam perkuliahan untuk membuat robot yang dikendalikan melalui sebuah PC yang dapat menjangkau daerah-daerah yang dikategorikan berbahaya seperti tersebut di atas. Adapun judul dari ide tersebut adalah “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PENGENDALIAN ROBOT PENDETEKSI LOGAM SECARA WIRELESS BERBASIS PC DENGAN VISUAL BASIC”. Dimana robot tersebut dikendalikan melalui tampilan monitor pada PC dengan mengklik arah gerakan robot tersebut sesuai dengan menu yang tersedia.
1.2    Batasan Masalah
Untuk mendapatkan pembahasan semaksimal mungkin dan agar mudah dipahami, serta menghindari pembahasan yang terlalu meluas maka pembatasan masalah yang akan diuraikan sangat dibutuhkan. Adapun batasan masalah yang akan  di bahas dalam laporan tugas akhir ini yaitu :
1.      Bagaimana prinsip kerja PC (Personal Computer) secara umum; serial port.
2.      Bagaimana merancang software dengan prorgam visual basic.
3.      Bagaimana mekanika robot dan cara kerjanya.
4.      Bagaimana prinsip kerja mikrokontroller AT 89C52.
5.      Bagaimana prinsip kerja komunikasi antar komponen sesuai   dengan blok diagram.
6.      Bagaimana pengujian dan analisa rangkaian dalam perancangan alat.
Selanjutnya dalam pengoperasiannya, robot ini mampu berjalan pada permukaan yang datar, tidak terlalu bergelombang dan pada daerah yang relatif terbuka, untuk menghindari terganggunya sinyal pengendalian. Robot ini tidak dilengkapi dengan kemampuan memanjat/menaiki tangga. Untuk jarak jangkauannya maksimum sekitar 100 meter dari pengendali. Sedangkan alat pendeteksi logam/bom yang ditempatkan pada robot juga memiliki batasan jangkauan, yaitu sekitar 20 cm, namun akan berkurang jangkauannya untuk logam/bom yang ditanam di dalam tanah.
1.3    Tujuan
Tujuan utama dalam pembuatan proyek Tugas Akhir ini adalah:
1.            Mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu yang diperoleh selama belajar agar berguna untuk kehidupan sehari-hari
 2.    Sebagai sarana atau kesempatan bagi Mahasiswa untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang telah diperoleh
3.      Mencegah manusia dari resiko yang membahayakan keselamatan dirinya sebagai konsekuensi dari pekerjaan yang dihadapinya     
4.            Membantu manusia yang bekerja menjangkau ruangan yang sulit sehingga dapat memudahkan penyelesaian pekerjaannya.

1.4    Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dan diberikan dari proyek ini adalah :
                                 1.         Membantu dan memudahkan Pihak-pihak yang bekerja pada daerah-daerah berbahaya yang dapat mengancam keselamatannya dan atau yang sulit dijangkau.
2.   Membantu dan memudahkan pemerintah khususnya pihak keamanan dalam mengatasi masalah terorisme, sehingga tercipta rasa aman di masyarakat.



1.5    Metode Pembahasan
Adapun dalam perancangan dan pembuatan proyek ini, penulis melakukan berbagai metode pembahasan, antara lain :
1.      Study literatur, yaitu mempelajari literatur – literatur yang  berhubungan dengan perumusan permasalahan diatas.
2.      Pengamatan secara langsung dengan cara melakukan pengujian pada tiap – tiap  blok rangkaian.
3.      Pencarian informasi Di Internet
4.      Mengadakan konsultasi dan meminta arahan dan bimbingan dari dosen pembimbing

0 Comment @1!$%^&*(0:

Poskan Komentar

mo koment??? komentarr jjahhh,,,